• Mata kuliah ini mempelajari semua aspek terkait diplomasi; teori, sejarah, fungsi, peran, tipe-tipe diplomasi. Perkuliahan dilakukan dalam bentuk kuliah, diskusi, seminar dan presentasi topik. Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis pelaksanaan berbagai tipe diplomasi dan mengetahui efektifitas/disefektifitas diplomasi. 

    Self enrolment
  • Mata Kuliah ini mempelajari dinamika politik, ekonomi, keamanan, dan sosial Amerika Serikat

    Self enrolment
  • Sejak dekade 1990-an, peran ONP (Organisasi Non-pemerintah) atau NGOs (Non-governmental Organisations) tampak semakin menonjol di dalam berbagai aktivitas sosial, kemanusiaan, dan bahkan politik. Jika pada mulanya aktivitas ONP lebih bertumpu pada pemberian santunan (charity) dan penanggulangan bencana alam, kelaparan, wabah penyakit, dan sebagainya, maka dalam perkembangan selanjutnya ONP mulai merambah pada kegiatan ekonomi skala kecil, pengembangan masyarakat, dan pembentukan kegiatan swadaya di tingkat grassroots. Pada masyarakat yang sedang melakukan demokratisasi, ONP berperan dalam memfasilitasi proses demokratisasi melalui program-program pemberdayaan, pelatihan, kampanye HAM, dan pembentukan kelompok-kelompok grassroots yang dilakukannya. Kemunculan ONP – yang sering kali disebut sebagai “sektor ketiga” – bermula dari kegagalan “sektor pertama” (negara) dan “sektor kedua” (bisnis) dalam upaya untuk menciptakan kesejahteraan, keadilan, dan kesetaraan bagi umat manusia. Sejak dekade 1990-an, negara-negara maju mencanangkan “New Policy Agenda” dengan cara menyalurkan dana-dana bantuan ke negara berkembang secara langsung kepada ONP, karena mereka menganggap bahwa fleksibilitas, biaya rendah dan idealisme yang ditampilkan ONP lebih menjamin bantuan tersebut sampai kepada yang benar-benar membutuhkan. Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sistem operasi, kekuatan dan tantangan yang dihadapi ONP sebagai “sektor ketiga”. 

    Self enrolment
  • Perkuliahan ini dirancang untuk memberikan kemampuan kepada para mahasiswa S1 untuk: (1) memahami teori dan konsep pembangunan; (2) isu-isu pembangunan.

    Self enrolment
Skip Navigation

Navigation